MARSIGIT PHILOSOPHY : CALON JUDUL PENELITIAN INDRA KUSUMA WIJAYANTI PERKULIAHAN FILSAFAT ILMU OLEH BAPAK MARSIGIT


TUGAS 3
CALON JUDUL PENELITIAN INDRA KUSUMA WIJAYANTI
PERKULIAHAN FILSAFAT ILMU OLEH BAPAK MARSIGIT
Pada perkuliahan Filsafat Ilmu kami diminta oleh Bapak Marsigit mengajukan beberapa judul, berikut merupakan beberapa judul penelitian yang saya ajukan
No
Judul
Rumusan Masalah
Artikel yang Relevan
1
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS METAKOGNITIVE TRAINING PADA MATERI (MENYESUAIKAN WAKTU PENELITIAN DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS, LITERASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA
Bagaimana mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMA?

Bagaimana mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMA?

Bagaimana mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA?

Bagaimana mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis, literasi matematis dan motivasi belajar siswa SMA ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan?
Enhancing Mathematical Reasioning in the Classroom: the effects of Cooperative Learning and Metacognitive Training (Bracha Kramarski and Zemira R. Mevarech)

Effects of metacognitive instruction on low achievers in mathematical problems


Mathematics
Literacy: Are We Aable to put the mathematics we learn into everyday use?
2
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS METAKOGNITIVE TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS, LITERASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA IPA DI KABUPATEN TEMANGGUNG
1.      Apakah pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa?
2.      Apakah pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis siswa?
3.      Apakah pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa?
Enhancing Mathematical Reasioning in the Classroom: the effects of Cooperative Learning and Metacognitive Training (Bracha Kramarski and Zemira R. Mevarech)


Effects of metacognitive instruction on low achievers in mathematical problems

Metacognitive strategy knoeledge use through mathematical problem solving amongst Pre-service teachers
3
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENSETHEORY PADA MATERI ___ (DISESUAIKAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI, KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA
1.      Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis multiple intelligenses theory pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa SMA?


2.      Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis multiple intelligenses theory pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMA?

3.      Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis multiple intelligenses theory pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan minat belajar siswa SMA?

4.      Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis multiple intelligenses theory pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi, literasi matematis, dan minat belajar siswa SMA ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan?

The relationship of teacher-facilitated inquiry-based instruction to student higher-order thinking

Multiple intelligences theory: a framework for personalizing science curricula

How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom

METODE PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran. Creswell (2016: 288) menyatakan metode penelitian campuran merupakan prosedur yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisa, dan mencampur penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam satu studi penelitian. Pada penelitian ini studi kuantitatif digunakan untuk memperoleh data hasil validasi dan uji coba produk, sedangkan studi kualitatif digunakan untuk memahami bagaimana proses validasi dan uji coba.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp (2010: 19) yang terdiri dari: (1) tahap penelitian pendahuluan (preliminary research), (2) perancangan dan pengembangan produk awal (prototyping stage), dan (3) tahap penilaian (assessment phase). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model Plomp membentuk siklus yang akan berhenti jika produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas produk yang telah ditetapkan. Kualitas produk yang dikembangkan sesuai dengan kriteria pengembangan yang dikemukakan oleh Nieveen (Nieveen, 1999: 126) yaitu valid, praktis, dan efektif.
Berdasarkan model pengembangan Plomp di atas, maka prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) preliminary research; (2) development or prototyping phase; (3) assessment phase. Secara sistematis prosedur pengembangan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD dapat dilihat pada gambar berikut.
Gambar Prosedur Pengembangan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

INILAH FAKTA-FAKTA MENGENAI KULIAH FILSAFAT DENGAN PROF. DR. MARSIGIT, M.A. : INDRA KUSUMA WIJAYANTI

Indentifikasi Persoalan Matematika di Sekolah Oleh Indra Kusuma Wijayanti dalam Perkuliahan Bapak Marsigit