MARSIGIT PHILOSOPHY : CALON JUDUL PENELITIAN INDRA KUSUMA WIJAYANTI PERKULIAHAN FILSAFAT ILMU OLEH BAPAK MARSIGIT
TUGAS 3
CALON JUDUL PENELITIAN INDRA KUSUMA
WIJAYANTI
PERKULIAHAN FILSAFAT ILMU OLEH BAPAK
MARSIGIT
Pada perkuliahan Filsafat Ilmu kami
diminta oleh Bapak Marsigit mengajukan beberapa judul, berikut merupakan
beberapa judul penelitian yang saya ajukan
No
|
Judul
|
Rumusan
Masalah
|
Artikel
yang Relevan
|
1
|
PENGEMBANGAN
BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED
LEARNING BERBASIS METAKOGNITIVE TRAINING PADA
MATERI (MENYESUAIKAN WAKTU PENELITIAN DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN) UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS, LITERASI MATEMATIS DAN MOTIVASI
BELAJAR SISWA SMA
|
Bagaimana
mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem
based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan)
untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMA?
Bagaimana
mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem
based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan)
untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMA?
Bagaimana
mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem
based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan)
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA?
Bagaimana
mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem
based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan)
untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis, literasi matematis dan
motivasi belajar siswa SMA ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan
keefektifan?
|
Enhancing
Mathematical Reasioning in the Classroom: the effects of Cooperative Learning
and Metacognitive Training (Bracha Kramarski and Zemira R. Mevarech)
Effects
of metacognitive instruction on low achievers in mathematical problems
Mathematics
Literacy:
Are We Aable to put the mathematics we learn into everyday use?
|
2
|
PENGARUH
PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS METAKOGNITIVE
TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS, LITERASI MATEMATIS
DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA IPA DI KABUPATEN TEMANGGUNG
|
1. Apakah pendekatan
pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training
berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa?
2. Apakah pendekatan
pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training berpengaruh
terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis siswa?
3. Apakah pendekatan
pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training
berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa?
|
Enhancing
Mathematical Reasioning in the Classroom: the effects of Cooperative Learning
and Metacognitive Training (Bracha Kramarski and Zemira R. Mevarech)
Effects
of metacognitive instruction on low achievers in mathematical problems
Metacognitive
strategy knoeledge use through mathematical problem solving amongst
Pre-service teachers
|
3
|
PENGEMBANGAN
PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM
BASED LEARNING BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENSES THEORY PADA
MATERI ___ (DISESUAIKAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS
TINGKAT TINGGI, KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA
|
1. Bagaimana
mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan
pembelajaran problem based learning berbasis multiple intelligenses theory
pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis
tingkat tinggi siswa SMA?
2. Bagaimana
mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan
pembelajaran problem based learning berbasis multiple intelligenses theory
pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis
siswa SMA?
3. Bagaimana
mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan
pembelajaran problem based learning berbasis multiple intelligenses theory
pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan minat belajar siswa SMA?
4. Bagaimana
mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan
pembelajaran problem based learning berbasis multiple intelligenses theory
pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis
tingkat tinggi, literasi matematis, dan minat belajar siswa SMA ditinjau dari
aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan?
|
The
relationship of teacher-facilitated inquiry-based instruction to student
higher-order thinking
Multiple
intelligences theory: a framework for personalizing science curricula
How
to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom
|
METODE
PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran
matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) dengan model pembelajaran problem based learning.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran.
Creswell (2016: 288) menyatakan metode penelitian campuran merupakan prosedur
yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisa, dan mencampur penelitian
kuantitatif dan kualitatif dalam satu studi penelitian. Pada penelitian ini
studi kuantitatif digunakan untuk memperoleh data hasil validasi dan uji coba
produk, sedangkan studi kualitatif digunakan untuk memahami bagaimana proses
validasi dan uji coba.
Model pengembangan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model pengembangan Plomp (2010: 19) yang terdiri dari:
(1) tahap penelitian pendahuluan (preliminary research), (2) perancangan
dan pengembangan produk awal (prototyping stage), dan (3) tahap
penilaian (assessment phase). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan
model Plomp membentuk siklus yang akan berhenti jika produk yang dikembangkan
telah memenuhi kriteria kualitas produk yang telah ditetapkan. Kualitas produk
yang dikembangkan sesuai dengan kriteria pengembangan yang dikemukakan oleh
Nieveen (Nieveen, 1999: 126) yaitu valid, praktis, dan efektif.
Berdasarkan model pengembangan Plomp di
atas, maka prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari tiga tahapan
yaitu (1) preliminary research; (2) development or
prototyping phase; (3) assessment phase. Secara sistematis
prosedur pengembangan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD dapat dilihat
pada gambar berikut.
Gambar
Prosedur Pengembangan
Komentar
Posting Komentar